Artikel ini cocok banget untuk kamu kaum rebahan yang
ingin membuat daftar pustaka tanpa ribet tinggal klik sana klik sini dah
selesai. Kita akan membuat daftar pustaka dengan menggunakan aplikasi mendeley.
Ada yang tau apa itu mendeley? Aplikasi
mendeley diperuntukkan untuk membuat daftar pustaka tanpa ribet.
sumber:unsplash.com
Coba kamu
fikirkan, ketika kamu membuat tugas kuliah, skripsi atapun tugas lainnya yang
menggunakan sumber yang sangat banyak dan kamu harus mengetik kan satu persatu
sumber buku maupun yang lain. Sangat melelahkan bukan? Eh tetap semangat lo ya J
Nah, tak banyak basa-basi kita langsung saja bagaimana
cara membuat daftar pustaka dengan aplikasi mendeley. Jom!
Langkah pertama. Yang harus kamu
persiapkan adalah menginstall aplikasi mendeley untuk PC kamu. Dalam proses
penginstallan kamu akan mengisi beberapa
form untuk membuat akun pada mendeley. Pastikan kamu ingat email dan password
yang kamu isi saat melakukan proses pembuatan akun karena dua hal tersebut
sangat dibutuhkan saat menggunakan aplikasi Mendeley.
Langkah kedua. Pastikan di word kamu saat membuka menu References
terdapat Mendeley seperti gambar
dibawah ini,
Jika belum jangan khawatir dan panik. Hal itu
wajar, karena kamu belum melakukan pengiinstallan plugin mendeley di word. Untuk
menginstallnya kamu bisa pergi ke aplikasi mendeley. Lalu, kamu akan melihat Tools->Install MS Word Plugin . Klik
dan kembali ke word dan kamu akan meilihat tampilan seperti yang diatas.
Langkah ketiga. Kamu harus menyediakan sumber yang akan kamu gunakan
dengan menambahkan di aplikasi mendeley. Kamu bisa masukan semua naskah
referensi yang kamu perlukan syaratnya harus berformat *pdf dengan Klik menu Add dipojok kiri atas. Saat kita klik
adds aka ada beberapa pilihan seperti Add files, Add folder, Watch Folder dan
Add Entry Manualy. Kamu pilih add files untuk menambahkan berdasarkan file atau
add folder untuk menambahkan berdasarkan folder.
Lalu bagaimana jika sumber referensi seperti
dari jurnal, website dan lain-lain yang tidak bisa dimasukkan filenya? Jangan
Panik. Kamu bisa pilih Add Entry Manualy. Setelah kamu memilih Add Entry
Manualy kamu akan melihat gambar dibawah ini,
Pilih type
sesuai jenis referensi kamu. Dan isilah beberapa form seperti title, years, Url dan lain-lain sesuai informasi referensi kamu.
Lakukan hal yang sama sebanyak jumlah referensi kamu.
Langkah keempat. Pergi ke word dan letakkan kursor pada bagian yang ingin kamu tambahkan sumber referensi. Misalnya pada akhir paragraph atau
tempat yang lain senyaman kamu aja mau letak dimana. Lalu pergi ke menu references -> Insert citation. Untuk style sendiri bebas kamu pilih yang mana. Kalau saya menggunaka style IEEE.
Dan kamu akan melihat form seperti
ini,
Kamu bisa ketikkan apapun sesuai informasi yang kamu
masukkan pada langkah ketiga seperti judul, penulis dll. Secara otomatis sumber
referensi akan muncul kamu bisa pilih sesuai sumber informasi yang ingin kamu
tambahkan. Atau kamu bisa juga pilih Go
To Mendeley. Tanda kamu berhasil melakukan langkah keempat ini adalah kamu
akan melihat angka kecil tepat dilokasi kamu meletakkan kursor. Lakukan secara
berulang hingga selesai.
Langkah kelima. Untuk menampilkan sumber referensi dihalaman Daftar Pustaka caranya gampang bets. Kamu
bisa pergi ke menu references->
insert Bilbiography.
Secera Otomatis sumber referensi kamu akan muncul
sesuai urutannya. Jadi, kamu tidak perlu scroll untuk melihat urutannya.
Demikianlah tutorial mengenai cara membuat daftar pustaka
menggunakan aplikasi mendeley. Semoga bermanfaat! Semangat!
Oh iya, karena lagi ada wabah Covid-19 tetap jaga
kesehatan, dirumah aja. Ini waktu kamu untuk rebahan. Etss jangan lupa walaupun
rebahan harus tetap produktif ya!
0 Komentar