Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Artikel ini cocok banget untuk kamu kaum rebahan yang ingin membuat daftar pustaka tanpa ribet tinggal klik sana klik sini dah selesai. Kita akan membuat daftar pustaka dengan menggunakan aplikasi mendeley. Ada  yang tau apa itu mendeley? Aplikasi mendeley diperuntukkan untuk membuat daftar pustaka tanpa ribet. 

sumber:unsplash.com

Coba kamu fikirkan, ketika kamu membuat tugas kuliah, skripsi atapun tugas lainnya yang menggunakan sumber yang sangat banyak dan kamu harus mengetik kan satu persatu sumber buku maupun yang lain. Sangat melelahkan bukan? Eh tetap semangat lo ya J
Nah, tak banyak basa-basi kita langsung saja bagaimana cara membuat daftar pustaka dengan aplikasi mendeley. Jom!
Langkah pertama.  Yang harus kamu persiapkan adalah menginstall aplikasi mendeley untuk PC kamu. Dalam proses penginstallan kamu akan  mengisi beberapa form untuk membuat akun pada mendeley. Pastikan kamu ingat email  dan password yang kamu isi saat melakukan proses pembuatan akun karena dua hal tersebut sangat dibutuhkan saat menggunakan aplikasi Mendeley.



Langkah kedua. Pastikan di word kamu saat membuka menu References  terdapat Mendeley seperti gambar dibawah ini,


Jika belum jangan khawatir dan panik. Hal itu wajar, karena kamu belum melakukan pengiinstallan plugin mendeley di word. Untuk menginstallnya kamu bisa pergi ke aplikasi mendeley. Lalu, kamu akan melihat Tools->Install MS Word Plugin . Klik dan kembali ke word dan kamu akan meilihat tampilan seperti yang diatas.

Langkah ketiga. Kamu harus menyediakan sumber yang akan kamu gunakan dengan menambahkan di aplikasi mendeley. Kamu bisa masukan semua naskah referensi yang kamu perlukan syaratnya harus berformat *pdf dengan Klik menu Add dipojok kiri atas. Saat kita klik adds aka ada beberapa pilihan seperti Add files, Add folder, Watch Folder dan Add Entry Manualy. Kamu pilih add files untuk menambahkan berdasarkan file atau add folder untuk menambahkan berdasarkan folder.


Lalu bagaimana jika sumber referensi seperti dari jurnal, website dan lain-lain yang tidak bisa dimasukkan filenya? Jangan Panik. Kamu bisa pilih Add Entry Manualy. Setelah kamu memilih Add Entry Manualy kamu akan melihat gambar dibawah ini,


Pilih type sesuai jenis referensi kamu. Dan isilah beberapa form seperti title, years, Url  dan lain-lain sesuai informasi referensi kamu. Lakukan hal yang sama sebanyak jumlah referensi kamu. 

Langkah keempat. Pergi ke word dan letakkan kursor pada bagian  yang ingin kamu tambahkan sumber  referensi. Misalnya pada akhir paragraph atau tempat yang lain senyaman kamu aja mau letak dimana. Lalu pergi ke menu references -> Insert citation. Untuk style sendiri bebas kamu pilih yang mana. Kalau saya menggunaka style IEEE. 


Dan kamu akan melihat form seperti ini,


Kamu bisa ketikkan apapun sesuai informasi yang kamu masukkan pada langkah ketiga seperti judul, penulis dll. Secara otomatis sumber referensi akan muncul kamu bisa pilih sesuai sumber informasi yang ingin kamu tambahkan. Atau kamu bisa juga pilih Go To Mendeley. Tanda kamu berhasil melakukan langkah keempat ini adalah kamu akan melihat angka kecil tepat dilokasi kamu meletakkan kursor. Lakukan secara berulang hingga selesai.
Langkah kelima. Untuk menampilkan sumber referensi dihalaman Daftar Pustaka caranya gampang bets. Kamu bisa pergi ke menu references-> insert Bilbiography. 


Secera Otomatis sumber referensi kamu akan muncul sesuai urutannya. Jadi, kamu tidak perlu scroll untuk melihat urutannya.

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat daftar pustaka menggunakan aplikasi mendeley. Semoga bermanfaat! Semangat!
Oh iya, karena lagi ada wabah Covid-19 tetap jaga kesehatan, dirumah aja. Ini waktu kamu untuk rebahan. Etss jangan lupa walaupun rebahan harus tetap produktif ya!

Posting Komentar

0 Komentar